Minggu, 21 Oktober 2012

Kedisiplinan Masyarakat Jepang


Kedisiplinan dan etos kerja yang tinggi pada masyarakat Jepang sudah sangat terkenal. Mereka selalu datang tepat waktu, mengantri dengan tertib, mempunyai semangat kerja,  setia pada pekerjaannya, kejujuran yang luar biasa, dan bahkan budaya Jepang masih hidup hingga saat ini. Mengapa masyarakat Jepang memiliki sikap-sikap seperti itu?
Pada masa sebelum perang atau Meiji, masyarakat Jepang sama seperti negara-negara lain, berbanding terbalik dengan Jepang yang sekarang, tetapi dikarenakan pada jaman Perang Dunia II, Jepang kalah dan kota Hiroshima dan Nagasaki di bom oleh sekutu sehingga perekonomian Jepang hancur, selain itu Jepang bukan negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Inilah yang membuat masyarakat Jepang bangkit dari keterpurukan.
Sikap kedisiplinan masyarakat Jepang sudah ditanamkan sejak taman kanak-kanak atau Youchien. Sehingga budaya disiplin sudah melekat pada setiap masyarakat Jepang. Apakah masyarakat Indonesia bisa memiliki sikap seprti itu? Jawabannya adalah BISA, kesadaran dirilah yang membuat kita bisa memiliki sikap seperti masyarakat Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar