Jumat, 04 November 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH


Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.
            Kasih adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia, perasaan ini akan timbul apabila manusia tersebut mempunyai rasa memiliki dan menyayangi. Kasih juga bisa dikatakan hubungan keterkaitan antara manusia tersebut dengan sesuatu. Dan kasih bisa bermakna luas, bukan hanya antara manusia dengan manusia, tetapi bisa juga antara Tuhan dengan manusia. Dan dengan adanya rasa kasih tersebut membuat manusia mempunyai tujuan hidup yang akan diperjuangkan.
            Jadi, cinta kasih adalah rasa menyayangi, memberikan perhatian yang lebih pada seseorang yang sangat dekat dengan kita biasanya orang itu sering berhubungan langsung dengan kita, cinta kasih ini biasanya diberikan dari orang tua untuk anaknya, dengan pacar atau sahabat.

            Cinta menurut ajaran agama Islam, Islam melihat cinta dan kasih sebagai fitrah dalam kejadian manusia. Ia adalah satu hubungan suci yang menaut antara hati. Ia adalah anugerah Allah, sebab itu ia sangat berharga. Cinta yang tulus dan murni adalah kurnia Allah. Ia tidak datang menyembah dengan percuma. Allah akan menganugerah rasa cinta dan kasih pada mereka yang bersungguh berusaha mencarinya,tetap tidak boleh melebihi cintanya kepada sang pemberi cinta yaitu Allah swt.
            Menurut saya, cinta menurut ajaran agama Islam patut kita contoh sebab Islam mengajarkan kita untuk saling menyayangi sesama umat muslim. Cinta itu fitrah dan anugrah bagi manusia untuk itu kita wajib menjaga hati kita. Pada zaman sekarang ini banyak remaja yang sudah mengenal cinta, sebenarnya kita boleh mengenal cinta tetapi ada batasan-batasan yang wajib diketahui oleh para remaja, selain itu kita tidak boleh mencintai seseorang melebihi cinta kita pada Allah SWT sebab di hari akhir nanti kekasih yang sesungguhnya ialah Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar